Pricelist Test Drive Booking Service Personalize Car

GENDER

KEBUTUHAN

TIPE

RANGE HARGA


Izinkan Deteksi Lokasi Anda

Harga Mobil di Agung Toyota bervariasi tergantung dengan lokasi anda berada, Izinkan lokasi pada browser anda untuk mengetahui dimana lokasi anda berada

News

05 May 2025

MENGENAL KAIZEN DALAM MOBIL TOYOTA

MENGENAL KAIZEN DALAM MOBIL TOYOTA

Kawan Agung Toyota, perlu anda ketahui bahwa beberapa prinsip yang dipegang oleh Toyota dalam sistem produksi, Kaizen menjadi salah satu kunci dalam sistem produksi Toyota. Kaizen sendiri diambil dari dua kata yakni Kai (perubahan) dan Zen (bagus) yang mempunyai defisini sebuah upaya untuk melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas secara terus menerus.

Seperti halnya dengan slogan Toyota “Let’s Go Beyond” untuk selalu memberikan produk, teknologi, dan purnajual terbaik untuk konsumen, melebihi ekspektasinya. Kaizen atau dalam bahasa Inggris “Continuous Improvement” merupakan filosofi yang memastikan Toyota selalu memberikan kualitas terbaik, baik dalam produk maupun kedisiplinan.

Tidak hanya itu, prinsip ini juga termasuk perbaikan berkelanjutan dalam sisi produksi untuk menghasilkan efisiensi kerja baik dalam hal proses maupun peralatan yang dibutuhkan, sehingga tidak ada yang sia-sia. Perbaikan ini juga dilakukan secara terus menerus, yang bisa diartikan “It Never Ends”. Dalam filosofi Kaizen setiap proses pekerjaan secara konsisten mengikuti prosedur standar. 

Sehingga setiap pekerja mulai dari level manajemen hingga bagian perakitan mampu mengidentifikasi masalah dengan segera bila tidak berjalan sesuai prosedur. Sistem produksi Toyota menjadikan tiap individu bisa mengidentifikasi area pekerjaannya. Apakah perlu perbaikan dan bagaimana solusi praktis demi meningkatkan kualitas kerja sesuai dengan prinsip Kaizen. Kaizen pertama kali diterapkan di bisnis Jepang setelah Perang Dunia Kedua. 

Saat itu sebagian dipengaruhi oleh manajemen bisnis dan manajemen mutu Amerika, khususnya dalam The Toyota Way. Hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia dan diterapkan pada lingkungan di luar bisnis dan produktivitas. Taiichi Ohno, mantan Wakil Presiden Eksekutif Toyota Motor Corporation (TMC) memaparkan salah satu cara yang bisa diterapkan dalam Kaizen dengan bertanya “kenapa” sebanyak lima kali dalam setiap masalah.

Seperti halnya saat robot pengelasan yang berhenti di tengah operasi produksi mobil. Ohno bertanya dengan awalan “Kenapa” dan menemukan inti masalahnya yakni tidak adanya filter pada pompa yang membuat ada serutan logam menghambat robot pengelasan tersebut. Contoh lain bahwa prinsip Kaizen ini penting dalam internal Toyota adalah ketika sistem produksi diawal tahun 1950 menghadapi masalah limbah sisa perakitan pada jalur produksi.

Ohno berpikir bagaimana cara menghilangkan limbah tersebut. Saat itu dalam sistem produksi, setiap komponen yang selesai digunakan dipindah ke tahap berikutnya. Karyawan tidak saling berkomunikasi mengenai kebutuhan mereka. Sehingga ada komponen yang tidak terpakai dan menjadi limbah. Ohno pun sadar bahwa akan lebih efisien jika seorang karyawan menginformasikan ke pekerja sebelumnya komponen apa saja yang dibutuhkan.

Masalah ini teratasi dengan formula ‘Supermarket’ dimana pekerja mengambil komponen sesuai kebutuhannya saja. Namun muncul masalah lain dimana kekurangan komponen dan penghentian jalur produksi sering terjadi karena karyawan yang tidak terbiasa dengan metode ini. Ohno tidak khawatir karena menurutnya penting untuk menemukan penyebab setiap kali masalah terjadi.

Prinsip Kaizen juga menjadi dasar hadirnya Toyota Creative Ideas and Suggestions System (TCISS) yang diperkenalkan oleh Eiji Toyoda, Managing Director TMC periode 1950-1981. Sistem ini membuat karyawan semakin produktif dimana tim dibentuk untuk menciptakan gagasan seperti perbaikan dan saran. Tidak lupa para karyawan juga didorong untuk selalu meninjau kembali pekerjaan dan menerapkan perbaikan yang sesuai dengan filosofi Kaizen.

 

Untuk informasi dan tips menarik lainnya, anda bisa mengunjungi Agung Toyota News.

Jika anda membutuhkan informasi seputar pembelian mobil Toyota, booking servis, atau harga servis, silakan datang langsung ke cabang Agung Toyota terdekat yang tersebar di wilayah Riau, Jambi, Bengkulu, Bali, dan Kepulauan Riau. Atau kunjungi website resmi kami di www.agungtoyota.co.id.

Nikmati berbagai program menarik dan kemudahan dalam memiliki mobil Toyota Impian anda. Percayakan Toyota anda hanya pada Agung Toyota!

 


Related News

News | 02 May 2025

MERAWAT SUNROOF AGAR KONDISI TETAP...

Sunroof pada mobil akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, terutama saat cuaca cerah dan langit tampak indah, berkendara pun terasa lebih rileks dan nyaman.

Read More
News | 30 April 2025

TOYOTA INDONESIA MENGEKSPOR MOBIL KE...

Toyota Indonesia berhasil mendobrak pasar ekspor hingga 111%, Mobil Innova Zenix Hybrid dan All New Yaris Cross menjadi dua model yang permintaannya sangat tinggi untuk pasar International.

Read More
News | 28 April 2025

ALL NEW CAMRY HYBRID MOBIL SEDAN YANG...

Mobil sedan premium lengkap dengan berbagai fitur dengan teknologi canggih yang fungsional dan futuristik, baik itu design, kenyamanan hingga kemanannya. Berikut keunggulannya.

Read More
News | 25 April 2025

BERIKUT CARA PARKIR PARALEL DENGAN...

Cara mudah parkir paralel mobil matic, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap nyaman dan aman.

Read More